Memperingati Hari Air Sedunia dengan memulihkan air Danau Sunter

Memperingati Hari Air Sedunia dengan  memulihkan air Danau Sunter

Jakarta (Indonesia) – Hari Air Sedunia diperingati setiap tahun pada 22 Maret. Hari Air Sedunia 2022 dibuat untuk memusatkan perhatian pada pentingnya air. Tema Hari Air Sedunia 2022 adalah “Air Tanah – Membuat yang tak terlihat terlihat”, memberikan perhatian lebih pada sumber daya air yang tersembunyi. Sumber air tanah dianggap sangat penting tetapi tidak sepenuhnya diakui dalam pembuatan kebijakan pembangunan berkelanjutan. Menurut PBB, tema kampanye Hari Air Sedunia tahun ini akan menjelaskan peran vital air tanah dalam sistem air dan sanitasi, pertanian, industri, ekosistem, dan adaptasi perubahan iklim.

Untuk memperingati Hari Air Sedunia Tahun 2022, Walikota Jakarta Utara menyelenggarakan acara membersihkan air Danau Sunter dengan menggunakan  Eco Enzymn. Sr Alexandrina, Sr Veronika dan Sr Maria Dolores ikut berpartisipasi, bersama anggota lain Paroki Santu Yohanes Bosco, termasuk Pastor Paroki, Pastor Andre Delimarta SDB.  Ecoenzyme merupakan hasil olahan limbah dapur yang difermentasi dengan menggunakan gula. Misal kulit buah dan sayuran, dengan tambahan bahan lain seperti gula dan air dengan perbandingan 3 : 1 : 10.

Langkah pembuatan Eco-Enzyme

  • Masukkan 500 ml air cucian beras ke dalam ember plastik dan 50 gram gula merah.
  • Masukkan sisa kulit buat atau sayur ke dalam wadah (Sisakan ruang untuk proses fermentasi. Oleh karena itu jangan isi wadah hingga penuh)
  • Aduk perlahan isi wadah di ember plastik yang sudah terisi dengan larutan air dan gula
  • Buka tutup wadah setiap 3 hari selama 1 bulan pertama setelah diaduk. Dalam 1 bulan pertama, gas akan dihasilkan dari proses fermentasi.
  • Simpan wadah di tempat dingin, kering, dan memiliki ventilasi yang baik.
  • Hindari sinar matahari langsung dan jangan disimpan di dalam kulkas
  • Setelah 3 bulan, panen eco-enzyme akan selesai dan dapat digunakan.

Kegunaan Eco-enzyme (EE) sangat beragam, mulai dari mengurangi efek pemanasan global, membantu siklus alam seperti memudahkan pertumbuhan tanaman, memulihkan tanah dan air yang tercemar, obat luka luar, cairan pembersih, menghilangkan bau, sebagai  disinfektan sampai perawatan kulit. Dengan membuat dan menggunakan EE, kita bukan saja menjadikan bumi sehat kembali tetapi juga melindungi tubuh kita dari paparan kimia yang terkandung dalam cairan pembersih yang kita gunakan sehari-hari.

Marilah kita merawat rumah kita semua, sebab jika rumah sehat maka semua penghuninya akan sehat (JG).