Rekoleksi untuk menyambut kelahiran Yesus

Rekoleksi untuk menyambut kelahiran Yesus

Bondo Kodi/Sumba (Indonesia) – Memasuki Minggu advent ketiga yang merupakan minggu sukacita dan bertepatan juga dimulainya dengan Novena Natal maka ketiga suster yang baru memulai karya kerasulannya di paroki St.Elisabeth, Bondo Kodi mengadakan kegiatan rekoleksi bagi anak-anak SEKAMI dari tingkat SD sampai SMP dan SMA.

Di bawah guyuran hujan lebat Sr. Lanny, Sr.Noemia dan Sr.Olviana berangkat dari Palla menuju Kodi dengan penuh semangat untuk memulai kegiatan mereka bersama anak-anak. Kegiatan   yang berlangsung sore hari ini diikuti kurang lebih enam puluh anak yang hanya berasal dari pusat paroki saja, dan  lebih banyak dihadiri remaja SMP dan SMA tersebut di awali dengan acara perkenalan lagu dan gerak , diteruskan ibadat singkat pembukaan dan kemudian dilanjutkan pembagian materi rekoleksi sesuai tingkatan kelas yang ada. Tema rekoleksi yang berhubungan dengan kesiapan hati dalam menyambut kelahiranNya diikuti dengan penuh perhatian dan partisipasi aktif dari para peserta yang dengan aktif menjawab dan mensharingkan pertanyaan yang di lemparkanoleh suster.

Di dalam kegiatan ini mereka juga diundang untuk memeriksa diri dengan menuliskan segala kesalahan, dosa yang mereka perbuat selama ini yang menghambat hubungan mereka dengan Tuhan dan sesama dan kemudian membakar dosa-dosa tersebut sebagai tanda penyesalan. Dan di akhir kegiatan ini para peserta diundang untuk mengambil satu hati yang bertuliskan satu kebajikan yang harus dipraktekkan dalam waktu yang masih tersisa selama minggu ini sebelum menyambut kelahiran Yesus. Akhir kegiatan rekoleksi ini ditutup dengan doa bersama dan akhirnya masing-masing pulang dengan hati penuh damai. Para suster juga kembali ke palla yang cukup jauh dari Bondo Kodi dengan hati gembira dan bersyukur atas kebaikan Tuhan yang telah mempertemukan mereka dengan anak-anak tersebut.

(Komunitas Sr Angela Vallese)